Friday, August 11, 2006

Siklus Menstruasi [Edisi 2]

Lebih jauh tentang hormon estrogen dan progesterone.

Hormon estrogen

Estrogen adalah hormon yang terutama dibuat oleh indung telur. Dalam jumlah kecil dibuat juga oleh ginjal, sehingga dalam jumlah kecil terdapat pula pada laki laki. Hormon estrogen mempengaruhi semua sel dalam tubuh tanpa kecuali. Walaupun tidak semua sel dan organ sama pekanya terhadap hormon ini. Estrogen penting sekali terhadap perkembangan remaja perempuan selama masa remaja, untuk perkembangan
alat alat kelamin perempuan dan payudara, juga untuk perkembangan selaput lendir rahim serta selaput lendir vagina supaya tetap licin dan tidak kering. Estrogen juga mempengaruhi beberapa organ, misalnya dalam masa pubertas, tulang tidak bertambah panjang tetapi jumlah kapur tetap cukup.

Estrogen juga memelihara pertumbuhan kulit sehingga sehingga kulit tetap elastis. Itulah sebabnya rata rata kulit perempuan lebih halus disbanding kulit laki laki. Jika produksi estrogen berkurang, kulit menjadi tipis dan keriput. Penumpukan lemak
di beberapa tempat tertentu di bawah kulit antara lain di pinggang yang khusus pada perempuan juga disebabkan karena disebabkan oleh pengaruh estrogen.

Hormon progesterone.

Hormon progesterone selain dibuat di indung telur untuk jumlah yang kecil juga dibuat di ginjal, sehingga laki laki juga mempunyai hormon ini dalam jumlah yang kecil. Pembuatan hormon progesterone oleh indung telur hanya terjadi selama dua minggu sesudah pelepasan telur dari indung telur. Progesterone dan estrogen menjaga supaya endometrium (lapisan dinding rahim) siap untuk menerima dan memberi
tempat tinggal bagi telur yang telah dibuahi. Kehamilan dapat berlangsung terus berkat adanya progestreon. Bahan makanan untuk telur yang telah dibuahi dikeluarkan oleh endometrium berkat progesterone. Hormon ini juga menjaga agar otot otot rahim tidak berkontraksi.

Sebenarnya setiap menstruasi menyebabkan rasa nyeri, terutama pada awal mens. Akan tetapi tidak semua perempuan mengalami kadar nyeri yang sama. Ada cewek yang merasakan sangat sakit sampai mau pingsan dan nggak bisa masuk sekolah atau kerja, tapi ada yang cuman dipakai tidur aja juga udah sembuh, malah ada yang nggak terasa sama sekali.

Rasa nyeri haid yang berat disebut dismenorhae. Nyeri haid dibagi
dua jenis, yaitu:


Nyeri haid primer, timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri
dengan berjalannya waktu, dengan lebih stabilnya hormon tubuh atau perubahan posisi rahim setelah setelah menikah atau melahirkan. Nyeri haid ini adalah normal, namun dapat berlebihan apabila dipengaruhi oleh factor fisik dan psikis seperti stress, shock, penyempitan pembuluh darah, penyakit yang menahun, kurang darah, kondisi tubuh yang menurun, atau pengaruh hormon prostaglandine. Gejala ini tidak membahayakan kesehatan.

Nyeri haid sekunder biasanya baru muncul kemudian, yaitu jika ada
penyakit yang datang kemudian. Penyebabnya adalah kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista/polip, tumor sekitar kandungan, atau kelainan kedudukan rahim yang menetap. Ada juga yang disebut dengan endometriosis, yaitu kelainan letak lapisan dinding rahim yang menyebar keluar rahim, sehingga apabila menjelang menstruasi, pada saat lapisan dinding rahim menebal, akan dirasakan sakit yang luar
biasa. Endometriosis ini bisa mengganggu kesuburan.

Bagaimana kita tahu masalah menstruasi yang kita alami perlu konsultasi ke dokter atau tidak? Perhatikan tanda tanda berikut ini:

  • Apabila mens tidak pernah teratur sejak semula.


  • Timbul nyeri hebat, terutama jika baru muncul dikemudian hari yang diperkirakan ada yang kurang beres dalam organ reproduksi, terutama apabila rasa nyeri itu semakin lama semakin hebat.


  • Jika darah mens yang keluar sangat berlebihan, sehingga membutuhkan pembalut lebih dari selusin tiap hari.


  • Kalau panjang masa haid lebih dari sembilan hari


  • Muncul noktah darah (spotting) antara dua daur menstruasi


  • Warna darah enggak kayak biasanya, jadi lebih kecoklatan atau malah merah segar.


  • Nah temen temen sekalian, gimana? Mudah-mudahan jelas ya.. Satu hal yang musti diingat adalah rajin rajinlah mengenali diri sendiri, lihat kalau ada hal-hal yang sepertinya tidak seperti biasanya, cari info atau bertanya pada orang yang tepat dan paham. Jangan panik berlebihan karena masing-masing perempuan kondisinya bisa berbeda dan masih dalam batas normal. Tetapi tidak ada salahnya check and recheck, untuk pencegahan bila terjadi sesuatu.


    sumber : Milis Sehat

    4 Komentar:

    At 12 March, 2009 14:55, Blogger NOERJANNAH berkata...

    "Klu msalY hormon pengaruh menstruasi gmn tuhhhhh???"

     
    At 12 March, 2009 14:57, Blogger NOERJANNAH berkata...

    "tolong q mta pnjelasannya yahhh....!!!!"

     
    At 16 December, 2009 15:27, Blogger Unknown berkata...

    "klo misalx masa haid melebihi waktu 10 hari itu disebabkan oleh apa dan solusix bagaimana mohon dijelaskan........"

     
    At 30 April, 2010 18:40, Blogger bee-bii-buu berkata...

    "kalo misalnya waktu haid ternyata justru tdk keluar darah gmn..??
    hanya ada bercak cokelat, dan itu berlangsung selama 3 siklus haid secara berturut2..??
    tlg mnta penjelasan dan solusi. mksh"

     

    Post a Comment

    << Home